UNY RaihJuara I Lomba Mural Nasional di Toboali

Empat Srikandi Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Rupa dan Fotografi (UKM Serufo) UNY berhasil meraih juara I pada Lomba Mural Nasional di Toboali City on Fire (TCOF) Season 2 yang berlangsung 28-30 Juli 2017 di Toboali, Bangka Selatan, Bangka belitung. Adalah Yessica Hana Nur Fadila (Pendidikan Seni Rupa 2015), Mala Kurnia Sari (Pendidikan Seni Rupa 2015), Aldila Putri Widiastuti (Kimia 2014), dan Anggara Nuruningtyas Sinta (Manajemen 2016). Keempatnya adalah anggota UKM Serufo yang khusus meminati bidang seni rupa. Tim yang dijuluki “Srikandi Jogja” oleh masyarakat Toboali tersebut berhasil menyabet posisi pertama pada lomba mural bertemakan “Chinese Oriental.

“Kami cukup terkejut dengan hasil yang kami peroleh, karena tim yang lain juga hebat dan bagus.Kami sangat senang akhirnya perjuangan kami terbayarkan dengan hasil terbaik sesuai harapan,yaitu juara I," tutur Aldila atau yang biasa disapa Dila selaku Ketua Tim Mural UKM Serufo.

“Saya merasa ikut senang dan bangga, perjuangan dan kerja keras mereka berhasil memboyong piala juara I,”ujarWigianto selaku Mentor Tim UKM Serufo yang juga alumni dari Pendidikan Seni Rupa UNY 2010. “Kerja keras dan doa akhirnyamengantarkan mereka meraihposisi pertama,mengalahkan peserta lain yang juga berasal dari berbagai daerah.”

Proses panjang harus dilalui oleh keempat srikandi UKM Serufo ini, mulai dari seleksi ketat yang diadakan oleh UKM Serufo sampaiterpilihnya mereka.Selanjutnya adalah tahap latihan pra-lomba seperti mengeksekusi konsep mural yangakan dibuat. UKM Serufo mengetahui adanya eventTCOF season 2 ini dari Vincent yang merupakan alumniUNY dan UKMSerufo.

TCOF sendiri adalah acara tahunan yang saat ini menginjak tahun kedua, diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara. Serangkaian kegiatan dan lomba yang dilangsungkan dalam acara tersebut di antaranya festival barongsai, oriental mural festival, festival tari kreasi daerah, festival band, melukis tudung saji, festival layang-layang, festival film dokumenter, photo competition, Toboali Fashion Festival, danshooting target competition. (Putri - Apw)