Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Informasi (BAKI)

Sekilas Tentang BAKI

Berdasar  Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNY dinyatakan  bahwa BAKI merupakan salah satu unsur pelaksana teknis dan administrasi UNY yang menyelenggarakan pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh unsur di lingkungan UNY. BAKI dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggungjawab kepada Rektor, yang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wakil Rektor I.

BAKI mempunyai tugas memberikan layanan di bidang akademik, kemahasiswaan, alumni dan informasi. BAKI membawahi tiga bagian yang membidangi tugas pokok dan fungsi teknis dan administrasi masing-masing bagian, yaitu: Bagian Akademik, Bagian Kemahasiswaan dan Bagian Informasi.

Bagian Akademik mempunyai tugas melaksanakan administrasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan kerja sama. Dalam melaksanakan tugasnya, menyelenggarakan fungsi: a) pelaksanaan administrasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, b) pelaksanaan registrasi dan statistic, c) pengelolaan sarana akademik, dan d) pelaksanaan administrasi kegiatan kerja sama. Bagian akademik terdiri atas subbagian akademik, registrasi dan statistik, dan sarana akademik.

Bagian Kemahasiswaan mempunyai tugas melaksanakan administrasi kemahasiswaan dan alumni. Dalam melaksanakan tugasnya, menyelenggarakan fungsi: a) pelaksanaan administrasi di bidang minat, bakat, dan penalaran mahasiswa, b) pelaksanaan administrasi kegiatan kemahasiswaan, c) pelaksanaan layanan kesejahteraan mahasiswa, d) pelaksanaan pengelolaan informasi kemahasiswaan, dan e) pelaksanaan administrasi alumni. Adapun bagian kemahasiswaan terdiri atas subbagian minat dan penalaran mahasiswa, pelayanan kesejahteraan mahasiswa, dan layanan informasi kemahasiswaan dan alumni.

Bagian Informasi mempunyai tugas melaksanaan pengelolaan dan layanan informasi akademik dan non akademik. Bagian ini mempunyai fungsi: a) pengumpulan dan pengolahan data dan informasi, b) pelaksanaan analisis dan penyajian data dan informasi, dan c) pemberian layanan informasi. Sedangkan bagian informasi terdiri atas sub bagian informasi akademik, dan sub bagian informasi non akademik.

I.    Visi BAKI 

“Sebagai unit pelaksana yang handal di bidang administrasi akademik, kemahasiswaan, dan informasi, yang mampu menunjang pembangunan dan pengembangan Universitas Negeri Yogyakarta menjadi universitas kependidikan kelas dunia yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan”.

II.    Misi BAKI 

  1. Menyelenggarakan layanan akademik yang berkualitas dan profesional bagi masyarakat belajar di dalam maupun di luar kampus, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan layanan kemahasiswaan  yang berkualitas dan profesional dalam rangka peningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang kegiatan kurikuler
  3. Menyelenggarakan layanan informasi yang berkualitas dan profesional, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pengolahan data dan informasi.

III.    Tujuan BAKI

  1. Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi  pendidikan  dan evaluasi, registrasi dan statistik, sarana pendidikan, dan kerja sama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi kemahasiswaan yang meliputi bidang minat, penalaran, dan informasi kemahasiswaan, serta layanan kesejahteraan mahasiswa dalam rangka menunjang aktivitas mahasiswa pada kegiatan ekstrakurikuler  sebagai penunjang kegiatan kurikuler.
  3. Peningkatan kualitas dan profesionalitas layanan sistem informasi yang mencakup pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data serta layanan informasi dalam rangka peningkatan dan pengembangan UNY.

 

Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi

Sukirjo, M.Pd.
NIP. 19670705 199303 1 002
Telepon : (0274) 586168 psw 1222
Email : sukirjo@uny.ac.id