Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Informasi (BAKI)

Sekilas Tentang BAKK

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Yoygakarta dinyatakan bahwa Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (BAKK) mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang akademik, kemahasiswaan dan alumni, kerja sama, dan hubungan masyarakat. BAKK dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab kepada Rektor, yang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh wakil rektor sesuai dengan bidang tugasnya.
BAKK menyelenggarakan fungsi terkait pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, akademik, data dan statistik, urusan kerja sama dan hubungan masyarakat serta layanan publik. BAKK terdiri dari bagian akademik dan registrasi, kemahasiswaan, dan kerjasama dan hubungan masyarakat.
Bagian Akademik dan Registrasi mempunyai tugas melaksanakan layanan dan evaluasi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan sarana akademik, registrasi dan pengelolaan data mahasiswa, dan penyusunan statistik akademik.
Bagian Kemahasiswaan mempunyai tugas melaksanakan layanan pembinaan minat, bakat, penalaran, dan kesejahteraan mahasiswa, serta pengelolaan data dan fasilitasi kegiatan alumni.
Bagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan layanan kerja sama, hubungan masyarakat, dan layanan publik.
Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAKK) pada OTK sebelumnya, yaitu Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2011 bernama BAKI (Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Informasi).

I.    Visi BAKI 

“Sebagai unit pelaksana yang handal di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan serta menjalin kerja sama dan hubungan masyarakat yang mampu menunjang pembangunan dan pengembangan Universitas Negeri Yogyakarta menjadi universitas kelas dunia yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan”.

II.    Misi BAKI 

  1. Menyelenggarakan layanan akademik yang berkualitas dan profesional bagi masyarakat belajar di dalam maupun di luar kampus, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan layanan kemahasiswaan  yang berkualitas dan profesional dalam rangka peningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang kegiatan kurikuler
  3. Menyelenggarakan layanan kerja sama dan hubungan masyarakat yang berkualitas dan profesional, serta mengoptimalkan jaringan kerja sama di berbagai lembaga, institusi atau badan lainnya.

III.    Tujuan BAKI

  1. Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi  pendidikan  dan evaluasi, registrasi dan statistik, sarana pendidikan, dan kerja sama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi kemahasiswaan yang meliputi bidang minat, penalaran, dan informasi kemahasiswaan, serta layanan kesejahteraan mahasiswa dalam rangka menunjang aktivitas mahasiswa pada kegiatan ekstrakurikuler  sebagai penunjang kegiatan kurikuler.
  3. Peningkatan kualitas dan profesionalitas layanan kerja sama serta hubungan masyarakat dalam rangka peningkatan dan pengembangan UNY.

 




Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama

Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd.
NIP. 19660314 198603 1 002
Telepon : (0274) 586168 psw 1222
Email : buditakarina@uny.ac.id